PESTA SUZUKI ERTIGA


Suzuki menyelenggarakan program nasional, yaitu acara “PESTA ERTIGA”, sebuah acara apresiasi yang diperuntukkan bagi pemakai Ertiga, Konsumen Indent Ertiga dan masyarakat umum yang ingin melakukan test drive Ertiga serta para media/ jurnalis.
Setelah membukukan prestasi yang sangat baik di pasar Indonesia setelah era peluncuran pertama kali Ertiga, maka dirasa perlu untuk memberikan apresiasi kepada para pemakai Ertiga sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan para pemakai Ertiga, pengindent Ertiga, publik yang tertarik dengan Ertiga, para media/ jurnalis wartawan bersama dengan dealer setempat dan atau agen tunggal / distributor.
Acara “PESTA ERTIGA” dikemas dalam bentuk acara gathering, dengan konsep acara selesai dalam satu hari dengan penjelasan detil sebagai berikut :
KONSEP ACARA “PESTA ERTIGA”
Eksplorasi pengalaman pemakaian bahan bakar yang efisien dan kenyamanan Ertiga dengan melibatkan pemilik/ pemakai Ertiga, Konsumen indent Ertiga, Publik dan media/ jurnalis yang dikemas dalam sebuah acara kebersamaan.
ISI / KONTEN UTAMA ACARA 
Keseluruhan acara, secara garis besar bisa dibagi menjadi kelompok peserta sebagai berikut:
A. Pemilik/ pemakai Ertiga :
  • Lomba irit bahan bakar berhadiah
  • Fun Touring berhadiah
  • Pengukuhan Klub Ertigamania.
B. Konsumen Indent Ertiga :
  • Undian berhadiah
C. Publik :
D. Media/ Jurnalis :
Sedangkan acara yang disusun untuk semua undangan dari kategori A s/d D cukup banyak yaitu sebagai berikut :
  1. Economic Driving Clinic
  2. Paket Service Ertiga Murah
  3. Konsultasi service Ertiga Gratis.
  4. Paket asesories yang menarik
  5. Paket leasing yang menarik
  6. Customer Gathering
  7. Aneka Kuis dan Games yang seru untuk keluarga
  8. Hiburan/ Live Performance.
JADWAL PELAKSANAAN PESTA ERTIGA. 
Mengingat luasnya cakupan daerah yang menginginkan acara “PESTA ERTIGA”, ini dilangsungkan, maka sebagai tahap awal akan diselenggarakan di 15 (lima belas) kota di Indonesia dengan perincian jadwal sebagai berikut :
Makasar : tanggal 10 Nopember 2012
Lampung : tanggal 17 Nopember 2012
Palembang : tanggal 18 Nopember 2012
Jakarta : tanggal 24 Nopember 2012
Surabaya, Jambi, Medan : tanggal 1 Desember 2012
Bandung, Samarinda : tanggal 8 Desember 2012
Padang : tanggal 9 Desember 2012
Bali, Semarang : tanggal 15 Desember 2012
Jogja : tanggal 16 Desember 2012
Pekanbaru, Banjarmasin : tanggal 22 Desember 2012
MEKANISME PENDAFTARAN PESERTA “PESTA ERTIGA” 
Para peserta acara “PESTA ERTIGA”, diharapkan melakukan pendaftaran ke dealer resmi suzuki terdekat untuk di registrasi sebagai peserta. Para peserta diminta untuk bisa mengikuti seluruh acara sesuai dengan acara dan aturan main yang telah disusun oleh panitia setempat.
Untuk mengingatkan kembali produk Ertiga maka bersama ini kami sajikan kembali informasi seputar Ertiga.
SEKILAS PRODUK ERTIGA 
PT. Suzuki Indomobil Motor telah meluncurkan produk terbaru yaitu Suzuki "ERTIGA" model MPV dengan 3-baris kursi penumpang dengan disain eksterior yang anggun, stylish, dan hemat bahan bakar. Peluncuran secara nasional telah dilaksanakan pada tanggal 22 April 2012 lalu di Jakarta.
” ERTIGA” merupakan mobil 3-baris kursi penumpang yang di disain khusus dengan disain yang anggun, pengaturan kursi/ seat arrangement yang sangat efisien sehingga semua penumpang merasa nyaman di masing-masing tempat duduknya, performa mesin yang baik serta pemakaian bahan bakar yang efisien. ERTIGA menjawab keinginan pasar Indonesia yang mendambakan kehadiran kendaraan baru model MPV 3-baris kursi penumpang.
KONSEP ERTIGA
  • Mobil penumpang yang mengadopsi disain eksterior baru yang modern dan stylish.
  • Mewujudkan kebutuhan akan kendaraan serba guna yang bisa memuat banyak penumpang dengan disain ruangan yang sangat lega, mewah dan canggih.
  • Memiliki bentuk body yang compact dan ringan, dilengkapi dengan mesin dengan pembakaran sempurna sehingga menghasilkan tenaga yang cukup besar dan pemakaian bahan bakar yang efisien.
Pada bulan November 2004, Suzuki mulai menjual ”SWIFT” sebagai salah satu model strategi global Suzuki dan telah mendapatkan pengakuan tinggi di dunia. Tahun 2010, diluncurkannya SWIFT generasi kedua sebagai model strategi global yang telah dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan jaman yang juga sudah diakui dunia, dan memiliki performa yang lebih agresif, mudah dikemudikan, disain yang lebih bagus dan sebagainya. ERTIGA dikembangkan dengan mengadopsi platform SWIFT generasi kedua ini. Dengan tetap mengembangkan keunggulan Swift yaitu mudah dikemudikan, performa tinggi pada kinerja mesin, fungsi mesin, dan konsumsi bahan bakar yang efisien, ERTIGA yang dikembangkan sebagai kendaraan model MPV 3-baris kursi penumpang, didisain sedemikian rupa sehingga ruang di dalam kabinnya terasa lega, nyaman dan serba guna. Sebagai hasilnya, ERTIGA bukan hanya merupakan kendaraan yang mengkombinasikan konsep dasar mobil MPV 3-baris kursi penumpang, tetapi merupakan mobil dengan standar dan nilai yang baru di kelasnya.
DISAIN
  • Disain eksterior yang stylish dan elegan khusus untuk mobil penumpang.
  • Disain interior yang menggabungkan kemewahan, kenyamanan dan fungsionalitas (serba guna).
EKSTERIOR
Mobil dengan 3-baris kursi penumpang pada umumnya terlihat seperti kendaraan umum karena jok terlihat tinggi dan penumpang seperti berada di dalam sebuah kotak, sementara ERTIGA di disain secara khusus untuk mewujudkan kebutuhan akan pandangan kedepan yang luas dan tampilan samping yang elegan karena lay out kursi penumpang di disain dengan mempertimbangkan sudut/garis lengkung tubuh kendaraan (character line), sehingga orang yang melihat ERTIGA untuk pertama kali pun tidak akan mengira bahwa ERTIGA adalah kendaraan model MPV. Sisi samping, terkesan sangat proporsional dan elegan karena dari bagian Front Foot sampai dengan Roof End terlihat menyatu. Dengan sedikit menurunkan sudut Rear Roof, semakin meningkatkan fungsi aero-dinamis dan memberikan kesan bahwa ERTIGA adalah mobil penumpang. Sementara di bagian depan, Head Lamp ditempatkan sedikit diujung luar sehingga memberikan kesan yang luas
INTERIOR
Bagian interior di disain supaya bisa memenuhi segi kenyamanan dan fungsionalitas (serba guna). Disain Instrumen Panel tidak hanya memberikan kesan sebagai Family Car di dalam kategori MPV tetapi juga mengedepankan rasa nyaman pada saat mengemudi, terlihat lebih sporty, visibilitas yang prima dan kemudahan dalam penggunaan. Bagian tengah Instrument Panel di disain supaya terlihat lebih elegan dan dinamis. Bentuk kursi penumpang, tinggi kursi sampai dengan sudut/jarak pandang penumpang menjadi salah satu pertimbangan dalam mendisain ruang kabin ERTIGA sehingga tercipta ruang yang lega dimana penumpang dengan ukuran badan yang besar sekalipun bisa duduk nyaman di bangku baris ketiga. Seat Arrangement (pengaturan kursi) yang memperhatikan berbagai macam aspek seperti jumlah anggota keluarga, penggunaan dan kebutuhan pelanggan, telah menghasilkan ruang kabin yang lega dan kenyamanan disetiap bangku/tempat duduknya disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Warna kabin yang memadukan antara warna beige dan coklat memberikan kesan terang dan cerah.
Dimensi
Panjang keseluruhan : 4.265 mm
Lebar keseluruhan : 1.695 mm
Tinggi keseluruhan : 1.685 mm
Jarak sumbu roda : 2.740 mm
Treads
Depan : 1.480 mm
Belakang : 1.490 mm
WARNA BODY
ERTIGA menawarkan 8 (delapan) pilihan warna. Warna Serene Blue adalah pilihan warna baru yang di disain khusus untuk ERTIGA.
PAKET DISAIN RUANG YANG EFISIEN
  • Menjamin ruang kabin yang lega meskipun ada 3-baris kursi penumpang.
  • Mengadopsi pengaturan tempat duduk (seat arrangement) yang mewah.
Ruang kabin ERTIGA tidak hanya bisa memuat 3-baris kursi penumpang yang serba guna tetapi juga memiliki tata letak (layout) yang di disain nyaman bagi semua penumpang disetiap barisnya. Khusus pada kursi baris ketiga yang pada umumnya kendaraan cenderung sempit, interior ruang kabin ERTIGA di disain sedemikian rupa untuk memastikan masing-masing kursi penumpang nyaman dan lega sehingga orang dewasa pun bisa duduk nyaman hingga di kursi baris ketiga. Daya tarik ERTIGA tidak hanya ruang kabinnya yang lega tetapi juga pengaturan tempat duduk (seat arrangement) yang mewah. Tidak hanya bisa memuat banyak penumpang dan barang bawaan, kursi penumpang ERTIGA sudah diatur supaya bisa difungsikan untuk segala keperluan (serba guna).
PERFORMA
  • Tata letak Front Wheel Drive/ FF (FF Layout) memastikan stabilitas berkendara dan hemat konsumsi bahan bakar.
  • Mengadopsi Platform SWIFT FAMILY yang telah diakui keunggulannya.
  • Suspensi yang menunjang terciptanya kegesitan dan kemudahan penanganan.
  • Body mobil yang kuat dan ringan untuk menjamin tingkat keamanan yang tinggi.
TATA LETAK FF/ FRONT WHEEL DRIVE ( FF LAY OUT ) 
Karena letak mesin ERTIGA berada di bagian depan dan menggunakan sistem FRONT WHEEL DRIVE, maka jumlah komponen perangkat transmisi dan penggerak yang digunakan pun menjadi lebih sedikit, sehingga berat kendaraan menjadi lebih ringan, menekan energy loss dari transmisi dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar. Karena berat mesin bertumpu pada roda penggerak, menjamin stabilitas berkendara dan meningkatkan Track Application. Penempatan mesin secara horizontal menghasilkan ruang yang lebih lega dan mewujudkan paket/kemasan dengan tingkat efisiensi tinggi.
PLATFORM
ERTIGA dikembangkan dengan mengadopsi platform SWIFT (generasi kedua di dalam Suzuki Global Strategy) yang sudah diakui secara global kegesitan dan kelincahannya. Selain penanganan dan stabilitas mengemudi yang menjadi karakteristik SWIFT, jarak poros roda (Wheel Base) pada ERTIGA diperpanjang menjadi 2.740 mm menghasilkan interior yang luas. Inilah yang menjadi inti dari kenyamanan yang dibanggakan pada ERTIGA.
SUSPENSI
Diameter Stabilizer joint pipe pada suspensi depan (MacPherson Struts with coil springs) diperbesar untuk memastikan mobil tetap dapat dikendalikan dengan mudah, menjamin durabilitas dan rigiditas yang baik saat dikendarai meskipun ditumpangi oleh banyak orang. Sementara Suspensi belakang (Torsion beam with coil springs) menggunakan Hub Bearing berkapasitas besar. Kombinasi ini menghasilkan kenyamanan dalam berkendara dan kendaraan tetap dapat dikendarai dengan mulus meskipun berjalan dalam kecepatan tinggi dan melewati jalan dalam berbagai kondisi. Selain itu struktur suspensi pada High-speed Cornering mengurangi akibat perputaran body (body rolling effect), sehingga menimbulkan ketenangan dalam berkendara (safe drivability).
TINGKAT RIGIDITAS BODY YANG TINGGI
Penggunaan baja bertekanan tinggi (high tensile steel) pada posisi-posisi tertentu dilakukan untuk mengoptimalisasi material dan struktur penguatan. Rigiditas Body dan berat kendaraan yang semakin ringan karena pengurangan penggunaan komponen yang tidak diperlukan, menjamin stabilitas berkendara pada saat berat kendaraan bertambah dikarenakan kendaraan dipenuhi oleh penumpang dan barang bawaan.
PERFORMA NVH (NOISE, VIBRATION, HARSHNESS) 
ERTIGA telah dilengkapi dengan perlengkapan anti-bising yang telah lulus uji kebisingan dengan cara mengidentifikasi sumber dan tingkat kebisingan dari luar kendaraan seperti suara roda, suara angin dan lain-lain dimana tes ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sensor mikrofon. Selain itu, ERTIGA juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan anti-getar yang sudah lulus uji dengan cara mengukur getaran dan tingkat guncangan ban dan mesin pada saat dikendarai di berbagai kondisi jalan sehingga tercipta ruang kabin ERTIGA yang nyaman dan senyap.
RAMAH LINGKUNGAN
  • Menggunakan Mesin 1.4 L dengan Torsi Penuh yang compact dan Ringan dilengkapi dengan VVT yang menghasilkan pembakaran sempurna (Air Intake VVT Mechanism)
  • Efisiensi konsumsi bahan bakar dan Ramah Lingkungan
MESIN
ERTIGA menggunakan mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1.4 L tipe K yang ringan dan Compact yang telah mendapatkan pengakuan secara global. Air intake yang dilengkapi dengan proses dan mekanisme VVT yang mengontrol Valve Timing secara optimal dan mengurangi gesekan (friction), sehingga meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Sejak putaran 1.500 rpm mesin sudah dikondisikan supaya bergerak diputaran 77% dari putaran maksimum sehingga mesin ini menjadi lebih mudah untuk ditangani.
Mesin K14B
Displacement : 1.373 cm3
Maksimum output : 70kW / 6.000 rpm
Maksimum torsi : 130 Nm / 4.000 rpm
KEAMANAN
  • Menggunakan High Tensile Steel yang serba guna untuk menghasilkan Body dengan rigiditas tinggi (High Rigidity Body).
  • Masing-masing pintu dilengkapi dengan Side Door Impact Beam.
TEKNOLOGI KEAMANAN
Body ERTIGA memiliki tingkat Rigiditas/kekerasan yang tinggi karena menggunakan High Tensile Steel pada rangka utama (main frame)-nya. Selain itu, pada masing-masing pintu juga dilengkapi dengan Side Door Impact Beam yang berfungsi untuk menahan penumpang saat terjadi benturan keras dari arah samping. Khusus tipe GX, sudah dilengkapi dengan Air Bags untuk mengamankan pengemudi dan penumpang di kursi depan serta ABS + EBD.
Demikian informasi yang disampaikan mengenai acara Pesta Ertiga dan sekilas produk Ertiga.

Komentar